Donasi Era Normal Baru

 Nama: Saya

NIM: 20220530999

Kelas: X

Image by angiechaoticcrooks0 from Pixabay 

    Pandemi ini dirasakan oleh semua orang, terutama orang-orang yang membutuhkan 'uluran tangan', dan dengan kondisi yang cenderung belum terprediksi seperti saat ini, mereka yang terdampak, dipaksa untuk melakukan penyesuaian prioritas hidup. Sebelum pandemi Covid-19 terjadi, bisa jadi aktivitas donasi dilakukan secara rutin dan dengan keadaan finansial yang cukup baik, mendorong orang untuk lebih dermawan. 
    
    Menjadi tantangan tersendiri bagi lembaga penyalur donasi untuk berjibaku mengumpulkan pundi-pundi berharga untuk disalurkan kepada yang berhak. Strategi di masa sebelum pandemi Covid-19 boleh tentu tidak lagi relevan dengan kondisi saat ini. Salah satu lembaga yang sukses bertahan dengan strategi persuasif untuk menjaga 'awareness' masyarakat akan pentingnya donasi, adalah lembaga yang dikenal dengan sebutan ACT (Aksi Cepat Tanggap).

    https://www.instagram.com/actforhumanity/

    ACT memiliki beberapa kantor cabang, salah satunya di Yogyakarta. ACT termasuk lembaga penyalur donasi yang bekerjasama dengan platform fin-tech GoPay untuk memudahkan donatur menyalurkan dana donasinya. 

 
    ACT juga bekerjasama dengan digital crowdfunding platform yang terverifikasi, yaitu 'Kita Bisa' (http://kitabisa.com) yang memfasilitasi penjaringan dana donasi secara lebih ekspansif, selain situs resmi ACT (http://act.id) lembaga ini juga berafiliasi dengan situs web resmi untuk penggalangan dana  donasi, yaitu 'Indonesia Dermawan' (http://indonesiadermawan.id) dan situs web 'Global Zakat' (http://globalzakat.id). Jejaring donasi kemanusiaan ini memfasilitasi donaturnya dengan beragam platform komunikasi, mulai dari messenger grup, hingga ke rekening virtual untuk memudahkan aktivitas donasi dengan memanfaatkan nomor rekening yang telah teregister dalam sistem mereka, sehingga donatur tidak perlu repot melakukan konfirmasi. 
   

Comments

Popular posts from this blog

SWOT Analysis

Entrepreneurship #1